Canva for Education: Cara Membuat Canva Gratis Menjadi Pro Tanpa Biaya

Free Design Tool: Presentations, Video, Social Media. Begitulah kira-kira tagline salah satu platform online desain terpopuler saat ini: Canva. Kebutuhan desain saat ini memang sesuatu yang sulit dihindari. Hampir setiap orang membutuhkan desain. Mulai dari desain untuk diri sendiri hingga desain untuk perusahaan atau lembaga. Begitu banyak alat desain mulai dari online hingga offline. Mulai dari yang gratis 0 rupiah, langganan bulanan atau tahunan hingga sekali beli yang bernilai jutaan rupiah. Canva adalah salah satu dari sekian banyak yang menawarkan fasilitas yang mudah untuk mendesain dari yang pemula hingga profesional dengan harga bersahabat.

Tentang Canva

Canva merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis yang menawarkan cara mudah dan terjangkau untuk membuat desain profesional. Platform yang didirikan pada 28 Juni 2012 di Australia oleh Melanie Perkins ini bersifat web-based. Platform ini juga menyediakan beragam template dan elemen desain yang siap digunakan, seperti gambar, teks, dan grafis. Pengguna dapat dengan mudah memodifikasi template atau membuat desain dari awal menggunakan alat-alat desain intuitif yang tersedia. Canva tersedia dalam pula dalam aplikasi mobile, dan cocok untuk berbagai jenis proyek desain, seperti membuat logo, poster, sosial media grafis, dan banyak lagi.

Aplikasi ini sangat populer di kalangan profesional dan pemula karena kemudahannya digunakan dan tidak memerlukan keahlian khusus di bidang desain grafis. Hal ini juga karena keterjangkauan, kemudahan penggunaan, dan kualitas hasil yang baik. Dikutip dari website Canva, mereka memang memiliki misi untuk memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun.

Selain itu, Canva juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan beberapa orang untuk berkontribusi dalam pembuatan desain yang sama secara bersamaan. Aplikasi ini tersedia sebagai versi gratis dan berbayar, dengan pilihan fitur yang lebih lengkap pada versi berbayar. Canva sangat berguna bagi mereka yang ingin membuat desain grafis profesional tanpa harus memiliki pengetahuan khusus atau mengeluarkan banyak biaya.

Harga Untuk Pro

Canva memiliki dua paket utama, yaitu Free dan Pro. Berikut adalah perbedaan antara kedua paket tersebut:

  1. Canva Free: Paket gratis ini menyediakan akses ke berbagai template, elemen grafis, font, dan warna gratis. Pengguna juga dapat menyimpan desain mereka di Canva dan mengunduh desain mereka sebagai file PNG, JPG, atau PDF.
  2. Canva Pro: Paket berbayar ini menawarkan fitur tambahan seperti akses ke desain yang lebih lengkap, pembatalan latar belakang otomatis, desain yang dapat diedit secara bersama-sama oleh tim, dan banyak lagi. Harga Canva Pro saat ini adalah Rp769.000,-/tahun untuk 1 orang. Canva Pro juga tersedia untuk tim untuk minimal 5 orang dengan membayar Rp1.240.000,-/tahun

Tentang Canva for Education

Canva for Education sendiri adalah paket khusus dari Canva yang ditujukan untuk guru, sekolah, dan institusi pendidikan. Canva menawarkan akses ke semua fitur dan alat Canva kepada guru dan siswa sehingga mereka dapat membuat dan berkolaborasi dalam desain grafis. Canva for Education memberikan kemudahan bagi guru dalam mengajar dan meningkatkan kreativitas siswa melalui pembelajaran visual.

Untuk mendaftar, sekolah atau institusi pendidikan hanya perlu memverifikasi identitas mereka melalui situs web Canva for Education dan membuat akun sekolah. Setelah itu, guru dan siswa dapat mulai menggunakannya untuk membantu dalam pembelajaran dan meningkatkan keterampilan desain mereka. Guru juga dapat mendaftarkan diri sendiri dengan beberapa persyaratan yang akan dijelaskan di akhir artikel ini.

Cara membuat Canva for Education: Canva Pro gratis

Berikut langkah-langkah atau cara membuat agar Canva kita menjadi Canva Pro namun tanpa mengeluarkan biaya ataupun gratis. Yaitu dengan Canva for Education:

  • Mendaftar: Pertama-tama, sila Anda mendaftar untuk Canva for Education. Ini dapat dilakukan melalui situs web resmi Canva. Perlu diperhatikan, alamat e-mail yang digunakan harus berekstensi .sch.id misal aanwar.sanusi@smancmbbs.sch.id atau aanwar.sanusi@masassaadah.sch.id Mudahnya, klik “Teacher’ pada web Canva for Educution seperti pada gambar sebelumnya, atau klik link ini.
  • Masuk: Masuk dengan klik “Lanjutkan dengan email” lalu masukkan e-mail yang berekstensi .sch.id milik Anda tadi.
  • Verifikasi E-mail: Setelah mendaftar, verifikasi e-mail dengan mengirimkan kode yang telah dikirimkan ke e-mail berekstensi .sch.id milik Anda tadi.
  • Verifikasi Guru: Setelah masuk dan mendaftar, Anda diminta untuk memverifikasi bahwa Anda adalah seorang guru atau instruktur pendidikan dengan mengirimkan bukti dari insitusi sekolah atau lembaga pendidikan Anda. Dalam hal ini bisa SK Pengangkatan, Surat Keterangan Mengajar atau Kartu Tanda Pengenal Guru/Teacher ID.
  • Review: Persyaratan akun Anda akan direview oleh pihak Canva dalam kurung waktu sekitar 1 s.d 48 jam. Anda akan mendapat pesan melalui e-mail ketika akun Anda telah diterima untuk bergabung di Canva for Education dan mengakses semua fitur Canva Pro.
  • Gunakan: Setelah mendapat e-mail bahwa dokumen Anda telah direview maka akun Canva for Education Anda berhasil dibuat. Anda dapat menikmati semua fitur Canva Pro secara gratis dalam program Canva for Education ini.

Canva for Education hanya tersedia untuk pendidik dan instruktur pendidikan dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dengan memanfaatkan akun ini, Anda dapat membuat presentasi, infografik, dan desain visual lainnya untuk kebutuhan pendidikan dengan mudah dan efisien.

Selamat menikmati akses ke lebih dari 100 juta stok foto, video, audio dan grafis premium; penyimpanan cloud 1TB, hapus latar belakang, ubah ukuran dan eksport sesuka hati dan banyak yang lainnya!

2 komentar untuk “Canva for Education: Cara Membuat Canva Gratis Menjadi Pro Tanpa Biaya”

  1. Terima kasih atas informasinya yang bermanfaat! Saya selalu mengandalkan situs ini untuk berita terkini dan relevan. Bagi yang membutuhkan pendekatan efisien dalam penyingkatan tautan, saya merekomendasikan layanan V.af. Saya telah menggunakannya dan merasa sangat efektif. Silakan kunjungi V.af untuk informasi lebih lanjut. Terima kasih kembali atas konten yang berkualitas di situs ini! 👍

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *