Visualisasi Sebaran Alumni Angkatan ke-32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023

Era sekarang adalah era big data. Hari di mana jutaan data hadir setiap hari bahkan setiap jam. Data itu muncul dari mana saja, di dunia maya terlebih di dunia nyata. Dari sebuah data, keputusan dan kebijakan baru bisa lahir. Hari ini hampir semua hal berbasis data. Bahkan saya pernah diberitahu bahwa penempatan produk di minimarket dan supermarket itu berdasarkan data pembelian produk pelanggan yang dikumpulkan dan analisis. Maka tak usah heran jika ke minimarket rencana beli satu benda, yang dibawa lebih dari dua. Sebuah data memiliki potensi besar untuk mengungkap sebuah wawasan berharga jika dikelola dan dianalisis dengan benar. Maka kemudian ada istilah: mata uang baru itu bernama data. Kini, profesi baru seperti Data Scientist, Data Analyst adalah salah satu pekerjaan yang seksi dan dicari perusahaan-perusahaan besar.

Visualisasi data adalah bagian dari era big data. Ia adalah proses mengubah data mentah menjadi grafik, diagram, dan representasi visual lainnya. Alat-alat visualisasi seperti Power BI, Tableau, Google Data Studio, hingga Flourish makin sering dipakai. Yang terakhir yang saya gunakan dalam visualisasi data Sebaran Alumni Angkatan 32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023 dalam tulisan ini. Dengan visualisasi data, terutama di dunia bisnis dan teknologi, informasi yang banyak dan rumit dapat digambarkan dengan cara sederhana dan mudah dimengerti.

Pada kesempatan ini, di sela-sela mengerjakan tugas-tugas Pendidikan Guru Penggerak yang tiada habisnya, dengan rasa curiosity yang besar terhadap hal baru, saya mencoba membuat sebuah visualisasi data Sebaran Alumni Angkatan 32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023 secara sederhana. Seperti sebelumnya disampaikan, visualisasi ini dibuat menggunakan tools data visualization bernama Flourish. Flourish for public yang gratis.

Langsung saja. Semua ini berawal dari sebuah postingan di grup WhatsApp sekolah tentang Sebaran Alumni Angkatan 32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023, ditambah beberapa hari terakhir ini saya juga memang sedang tertarik dengan tools data visualization.

Sebaran Alumni Angkatan 32
Postingan di Grup WhatsApp Civitas Akademika

Melihat positngan tersebut, saya langsung tertarik untuk menyajikan data dengan cara yang berbeda. Setelah mendapatkan data mentahannya, visualisasi pertama yang saya buat adalah tipe column chart . Isinya perbandingan persentase kelulusan siswa SMA Plus Assa’adah dan MA Assa’adah di perguruan tinggi dengan berbagai jalur. Column chart-nya interaktif, kita dapat memilih chart mana yang ingin ditampilkan. Peresentase SMA atau MA tinggal dipilih di legenda paling bawah.

Visualisasi yang kedua menggunakan tipe hierarchy yang juga interaktif. Ini menampilkan sebaran angkatan 32 yang diterima di perguruan tinggi tadi. Semakin banyak yang diterima di satu universitas, maka ukuran lingkaran sebarannya akan semakin besar. Jika klik, akan menampilkan jurusan apa dan siapa saja yang diterima di jurusan tersebut. Jika diklik lagi, akan menampilkan pada jalur apa santri tersebut diterima di perguruan tinggi tersebut.

Visualisasi terakhir yang saya suka, namun cukup ribet membuatnya, namun semoga masih dapat dimengerti, dibuat menggunakan tipe chord diagram. Diagram ini menampilkan koneksi atau keterhubungan antar jurusan di sekolah (Kurikulum masih K-13) dengan jurusan di perguruan tinggi pilihan. Ada berapa anak science (MIA) yang memilih jurusan kuliah science atau social dan begitu juga sebaliknya, ada berapa anak social (IIS) yang memilih jurusan kuliah social atau science. Juga ditampilkan jumlah siswa SMA/MA dengan jurusan kelasnya masing-masing (Science/MIA atau Social/IIS) yang diterima melalui jalur tertentu.

Mungkin cukup itu dulu. Sebenarnya visualisasi data ini belum selesai untuk disajikan. Secara teori beberapa visualisasi data ini dikumpulkan dalam satu tempat yang disebut kemudian sebagai Dashboard. Hanya karena itu bisa dibuatnya di Tableau atau Power BI, dan saya belum punya cukup waktu untuk mempelajarinya, saya cukupkan saja visualisasi data Sebaran Alumni Angkatan 32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023 yang sederhana ini. Sekian. Yang hendak memberi masukan, silahkan di komentar saja.

1 komentar untuk “Visualisasi Sebaran Alumni Angkatan ke-32 (Imvialis Generation) Pondok Pesantren Modern Assa’adah Tahun 2023”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *